Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu
pasang iklan

Suweg : varian bunga bangkai

tebartunai.com
center
Bunga suweg
Ponorogo (1-11-20015)
        Biasanya bunga itu berbau harum semerbak, tapi bunga yang satu ini sungguh aneh. Baunya minta ampun, benar-benar mirip bangkai ! Tak heran banyak dikerubuti lalat dan serangga lain.  Subhanallah, bau bangkai itu justru menarik serangga sebangsa lalat untuk membantu penyerbukan
           Di daerah Ponorogo, Jawa Timur, Bunga ini biasa tumbuh pada awal musim penghujan, sekitar bulan oktober-november. kebetulan dihalaman rumah saya juga tumbuh bunga langka ini. Bunga ini disebut jeboh . Yaitu bunga tumbuhan suweg yang  bunganya muncul begitu saja dari tanah .Merupakan bunga semu dari tanaman suweg (bahasa Jawa) yaitu tanaman anggota marga Amorphophallus dan masih berkerabat dekat dengan bunga bangkairaksasa (A. titanum) dan iles-iles (A. muelleri).

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:Plantae
(tidak termasuk)Angiospermae
(tidak termasuk)Monokotil
Ordo:Alismatales
Famili:Araceae
Genus:Amorphophallus
Spesies:A. paeoniifolius
Nama binomial
Bunga Bangkai
Amorphophallus paeoniifolius
(Dennst.Nicolson

                   Tanaman suweg ini berumbi. Umbi suweg bisa dimakan sebagai pengganti nasi. Pada saat saya kecil di pedesaan Kabupaten Ponorogo saya sering mencari suweg itu, untuk direbus sampai matang kemudian ditaburi parutan kelapa setelah dicampur sedikit garam. Hemm, lumayan untuk mengganjal perut, yang perlu tambahan karbohidrat..
                    Biasanya Kami mengambil umbi suweg saat menjelang musim kemarau. Ketika itu batang dan bunga suweg sudah tidak ada lagi di atas tanah. Itulah sebabnya seringkali saya memasang ajir (stik bambu) ketika tumbuhan suweg masih ada di saat musim hujan. Rata-rata kami bisa menggali umbi suweg ini  seberat 5 kg. Namun ada yang bisa mencapai  10 kg. Lumayan besar !

 
               
        Sayang sekali saat ini umbi suweg semakin tidak diminati dankeberadaanya mulai langka. Padahal suweg sangat potensial sebagai bahan pangan sumber karbohidrat. Suweg dapat digunakan sebagai bahan lem, agar-agar, mie, tahu, kosmetik dan roti. Tepung suweg dapat dipakai sebagai pangan fungsional yang bermanfaat untuk menekan peningkatkan kadar glukos darah sekaligus mengurangi kadar kolesterol serum darah yaitu makanan yang memiliki indeks glikemik rendah dan memiliki sifat fungsional hipoglikemik dan hipokolesterolemik.
         sebenarnya Manfaat suweg sangat banyak sekali terutama untuk industri dan kesehaan, karena kandungan zat glucomanan yang ada di dalamnya. Suweg merupakan jenis tanaman umbi yang mempunyai potensi dan prospek untuk dikembangkan di Indonesia. Selain mudah didapatkan, tanaman ini juga mampu menghasilkan karbohidrat dan tingkatan panen tinggi. Umbinya besar mencapai 5 kg, cita rasanya netral sehingga mudah dipadu padankan dengan beragam bahan sebagai bahan baku kue tradisional dan modern.


Sumber : tanaman suweg , wikipedia

-