Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu
pasang iklan

Merasai nikmat jalan untuk bersyukur

:  Rasakan Nikmat Allah

 ٱلْكَوْثَرَ أَعْطَيْنَٰكَ إِنَّآ
Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak
 وَٱنْحَرْ. لِرَبِّكَ فَصَلِّ
 Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah
ٱلْأَبْتَرُ هُوَ شَانِئَكَ إِنَّ
3. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.
TADABUR  :

          
  Imam Malik r.a menceritakan bahwa suatu ketika Rasulullah tengah bersama sahabat berada dalam sebuah halaqah di masjid, tiba-tiba beliau pingsan .  Sejenak kemudian beliau mengangkat kepalanya sambil tersenyum. Tentu saja para sahabat heran,
kenapa rasulullah kelihatan begitu berseri setelah pingsan.. Kemudian Rasullah bersabda bahwa baru saja Allah mengabarkan : sesunguhnya Aku telah mengkaruniakan kepadamu ( dan umatmu ) Nikmat yang banyak ( diantaranya adalah telaga Kautsar di surga, seperti yang dilihat Rasulullah ketika Isra’ Mi’raj “  Kemudian aku mendatangi sungai yang yang kedua sisinya dipenuhi kubah-kubah yang bertahtakan mutiara ditengahnya. Lalu aku bertanya “ Wahai Jibril apa ini ?” Dia menjawab “ Ini adalah Al-Kautsar. Lalu aku menyentuh aliran sungai itu, ternyata terdapat kesturi asli ... wa ba’du )  maka shalat dan berkorbanlah ( dengan harta, waku, tenaga bahkan taruhan jiwa, sebagaimana nabi Ibrahim dan Ismail berkorban ) Karena Tuhanmu. Sesungguhnya orang yang membencimu ( yaitu orang munafik , fasik dan kafir yang suka melalaikan dan tidak mengindahkan sunah-sunah dan tuntunan Rasulullah ) adalah orang yang terputus (  dari petunjuk yang benar karenanya juga terputus dari ridla Allah dan nikmatNya yang sangat banyak dan tak sebanding dengan   kesenangan apapun di dunia ini ).             ( QS- Surat Al-Kautsar, Shahaih Muslim, asbabul wurud Tafsir Jalalain dan Ibnu Katsir ).
           
MUHASABAH :        
1.       Sudahkah anda mengingat nikmat Allah yang   anda rasakan hari ini ?
HATI-HATI , indikator penyakit hati adalah tidak bisa merasakan nikmat dari Tuhan, sehinggah kita selalu bersikap keluh kesah (.QS. 70:9-20 , 2:10,34:8 , 47:50, 74:31, 8:49, 9:125,5:52,33:32, 22:53,24:50 )
2.       Ada berapa ketidaksempurnaan shalat yang andalakukan anda hari ini ?
INGAT , Perumpamaan Shalat lima waktu seperti sebuah sungai yang airnya mengalir dan melimpah dekat pintu rumah seseorang yang tiap hari mandi di sungai itu lima kali (Mutafaq’alaihi ),( yang akan mensucikan diri kita, namun ) Yang pertama-tama dipertanyakan (diperhitungkan) terhadap seorang hamba pada hari kiamat dari amal perbuatannya adalah tentang shalatnya. Apabila shalatnya baik maka dia beruntung dan sukses dan apabila shalatnya buruk maka dia kecewa dan merugi. (HR. An-Nasaa'i dan Tirmidzi) Paling dekat seorang hamba kepada Robbnya ialah ketika ia bersujud maka perbanyaklah do'a (saat bersujud) (HR. Muslim)( QS 2:3,7:170,4:162 )
3.       Ingatlah apa yang sudah anda korbankan dijalan Allah hari ini ?
KORBAN,  berkorban adalah bukti kita lebih mencintai Allah dari pada harta benda, pangkat, jabatan dan hiasan dunia lainya. Allah mencintai kita apabila kita mencintai Allah, : Aku sesuai dengan persangkaan hamba-Ku terhadap-Ku dan Aku selalu bersamanya ketika dia mengingat-Ku ( hadits Qudsi )
4.       Berapa tuntunan Rasul dan suri tauladan beliu yang sudah anda contoh hari ini ?
HATI_HATI, telitilah dengan cermat setiap amaliah kita, apakah sudah sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah atau tidak, seringkali kita tidak merasa sedang berada dalam kesesatan, karena lalai dalam memahami ibadah . Sebagaimana disinyalir beliau, Kamu akan mengikuti perilaku orang-orang sebelum kamu sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta, sehingga kalau mereka masuk ke lubang biawak pun kamu ikut memasukinya. Para sahabat lantas bertanya, "Siapa 'mereka' yang baginda maksudkan itu, ya Rasulullah?" Beliau menjawab, "Orang-orang Yahudi dan Nasrani." (HR. Bukhari), janganlah kita seperti mereka, mencampur syari’at dengan kebathilan dan merubah hukum Allah demi membenarkan nafsunya sendiri. (QS 3:71 , 29:67)

-